Renungan Harian
Perayaan Ekaristi Hari Minggu Sabtu: 18.00; Minggu: 06.30, 08.30, 17.00
Perayaan Ekaristi Harian Senin - Sabtu: 05.30

Am. 7:10-17; Mzm. 19:8,9,10,11; Mat. 9:1-8



Mat 9:1Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri.

Mat 9:2Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni."

Mat 9:3Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah."

Mat 9:4Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu?

Mat 9:5Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?

Mat 9:6Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" ?lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu?:"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

Mat 9:7Dan orang itupun bangun lalu pulang.

Mat 9:8Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.

---ooOoo---

PERTAMA Yesus MENGAMPUNI DOSA, baru kemudian menyembuhkan sakit lumpuhnya (Mat 9:1-8). Ini menunjukkan HUBUNGAN ERAT antara DOSA & PENYAKIT. PENGAMPUNAN melepaskan beban dosa, meruntuhkan tembok pemisah, memberdayakan hubungan dengan Allah & sesama SEHINGGA MEMBAWA RAHMAT PEMULIHAN KESEHATAN. Dosa seringkali ditunjukkan dengan PERASAAN NEGATIF. Adakah perasaan-perasaan negatif dalam diriku yang PERLU DIAMPUNI? [Salam dan doa, Han CM.]