Renungan Harian

Kis. 5:34-42; Mzm. 27:1,4,13-14;Yoh. 6:1-15



Yoh 6:1Sesudah itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias.

Yoh 6:2Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia, karena mereka melihat mujizat-mujizat penyembuhan, yang diadakan-Nya terhadap orang-orang sakit.

Yoh 6:3Dan Yesus naik ke atas gunung dan duduk di situ dengan murid-murid-Nya.

Yoh 6:4Dan Paskah, hari raya orang Yahudi, sudah dekat.

Yoh 6:5Ketika Yesus memandang sekeliling-Nya dan melihat, bahwa orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya, berkatalah Ia kepada Filipus: "Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?"

Yoh 6:6Hal itu dikatakan-Nya untuk mencobai dia, sebab Ia sendiri tahu, apa yang hendak dilakukan-Nya.

Yoh 6:7Jawab Filipus kepada-Nya: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja."

Yoh 6:8Seorang dari murid-murid-Nya, yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya:

Yoh 6:9"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"

Yoh 6:10Kata Yesus: "Suruhlah orang-orang itu duduk." Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya.

Yoh 6:11Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.

Yoh 6:12Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang."

Yoh 6:13Maka merekapun mengumpulkannya, dan mengisi dua belas bakul penuh dengan potongan-potongan dari kelima roti jelai yang lebih setelah orang makan.

Yoh 6:14Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan-Nya, mereka berkata: "Dia ini adalah benar-benar nabi yang akan datang ke dalam dunia."

Yoh 6:15Karena Yesus tahu, bahwa mereka hendak datang dan hendak membawa Dia dengan paksa untuk menjadikan Dia raja, Ia menyingkir pula ke gunung, seorang diri.

---ooOoo---

BETAPAPUN SEDIKITNYA milik kita, BETAPAPUN LEMAHNYA kemampuan kita, HADIRKANLAH ALLAH dan MENGUCAP SYUKURLAH, maka MUKJIJAT AKAN TERJADI (Yoh 6:1-15) atau sesuatu akan BERTAHAN dan TIDAK BISA DILENYAPKAN manusia (Kis 5:34-42). Jadi HADIRKANLAH ALLAH SELALU kemudian BERANILAH memberi, melayani, memulai kegiatan. DALAM KUASANYA segala sesuatu akan DIGANDAKAN. Biarkan ALLAH BERKARYA menggunakan diri kita. Mulailah! [Salam dan doa, Han CM.]