Renungan Harian

1Yoh. 2:22-28 | Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4 | Yoh. 1:19-28



Yoh 1:19Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: "Siapakah engkau?"

Yoh 1:20Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: "Aku bukan Mesias."

Yoh 1:21Lalu mereka bertanya kepadanya: "Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?" Dan ia menjawab: "Bukan!" "Engkaukah nabi yang akan datang?" Dan ia menjawab: "Bukan!"

Yoh 1:22Maka kata mereka kepadanya: "Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?"

Yoh 1:23Jawabnya: "Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya."

Yoh 1:24Dan di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi.

Yoh 1:25Mereka bertanya kepadanya, katanya: "Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?"

Yoh 1:26Yohanes menjawab mereka, katanya: "Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal,

Yoh 1:27yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak."

Yoh 1:28Hal itu terjadi di Betania yang di seberang sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis.

---ooOoo---

ANTIKRISTUS adalah mereka yang mengakui Yesus tapi BUKAN SEBAGAI KRISTUS, PENYELAMAT (1 Yoh 2:22-27). Dengan rendah hati YOHANES PEMBAPTIS mengakui JATI DIRI dan MISINYA yaitu MENGARAHKAN KEPADA YESUS dan MEMPERSIAPKAN orang menyambut YESUS sebagai PENYELAMAT (Yoh 1:19-28). Pelayanan dan martabat Yohanes LEBIH RENDAH daripada Yesus. Melalui AJARAN dan PELAYANAN Yesus, APAKAH SAYA SUDAH MENGENALI dan MENGIMANI YESUS sebagai PENYELAMAT HIDUPKU? [Salam dan doa, Han CM.]