Visi & Misi

2.2.1. Pusat Pewartaan: Pribadi Yesus Kristus
Pewartaan iman dalam segala bentuknya, baik lisan maupun tulisan, berpedoman kepada inti pewartaan Gereja di dunia yaitu: Kristus yang wafat di salib, bangkit dan yang akan datang kembali (bdk. Anamnesis dalam Ekaristi Kudus). Pusat pewartaan bukanlah terletak di dalam pribadi-pribadi pewarta, bukan imam sekalipun, apalagi di luar konteks salib Yesus Kristus.

2.2.2. Kitab Suci: Kitab Kehidupan
Dalam menjalani kehidupan nyata di dunia sangatlah perlu mengadakan pendekatan-pendekatan kehidupan melalui peranan Kitab Suci. Namun lewat suatu metode analisis sosial yang perlu dipelajari, agar tafsir Kitab Suci menjadi kontekstual danĀ  berdaya guna dalam hidup. Oleh karena itu pembinaan dan kursus-kursus bagi PKU dan Ketua Lingkungan atau umat yang berminat akan diadakan secara periodik demi mendukung gagasan ini, yaitu pewartaan yang kontekstual.

2.2.3. Tiga Prioritas (lih. VMKS hal. 43)
A. Pastoral Kaum Muda
Pembinaan generasi muda dari masa kanak-kanak hingga dewas, yang secara berkesinambungan, di mana perlu diperhatikan hal-hal berikut ini: peningkatan kegiatan rohani; keterlibatan dalam hidup menggereja dan memasyarakat; kaderisasi dalam berbagai bentuk.

B. Pastoral Keluarga
Menanamkan pentingnya pembentukan nilai-nilai dalam keluarga seperti misalnya: penghayatan iman bersama, keterbukaan dalam relasi dan komunikasi, kesetiaan, menghormati kehidupan, pendidikan kristiani dalam keluarga, doa bersama dalam keluarga.

C. Katekese yang Integratif dan Kontekstual
Katekese tidak hanya untuk para calon baptis dan calon krisma tetapi berlaku untuk semua umat dan berlangsung seumur hidup. Isi dan caranya disesuaikan dengan situasi peserta dan keadaan setempat.