Wilayah VIII - St. Timotius

Pencarian dana oleh umat wilayah VIII sampai juga ke daerah Darmo Satelite Town yang pada waktu itu baru daerah Kupang Indah dan Kupang Baru saja yang mulai dihuni. Kemudian dicarilah umat yang ada di daerah itu dipelopori T Darmadi dan VP Kusnadi.

Setelah terkumpul cukup umat diadakanlah perayaan ekaristi pertama di rumah T Darmadi, dipersembahkan oleh Romo FX Urotosastro Pr. Umat makin bertambah dan atas usaha HJ Riadi umat mendapat tempat ibadah yang tetap di Jl Raya Sukomanunggal Jaya. Karena tempatnya agak luas umat membeli sound system yang dikerjakan Agus Wiharjo yang lebih dikenal dengan panggilan Agus listrik oleh beberapa tokoh umat.

Wilayah VIII yang diketuai V. Tito Gozali (alm) terdiri dari tiga lingkungan yaitu:

    1. Lingkungan A daerah Sukomanunggal Jaya dan Kupang Jaya dengan Kaling Yonas Santoso
    2. Lingkungan B daerah Kupang Indah dan Kupang Baru dengan Kaling T Darmadi
    3. Lingkungan C daerah Darmo Baru dan Sono Indah dengan Kaling Alex Landau

Teritori Wilayah VIII juga meliputi daerah pemukiman Simpang Darmo Permai Selatan, Sambisari, Sambikerep, Bulujaya. Umat karitative diketahui lebih banyak berdomisili di Sambisari adalah pendatang.

Umat terus berkembang dan mendapat tempat baru di Jl Kupang Baru I/101. Selain tempat beribadat, tempat ini juga menjadi tempat untuk berkomunikasi. Berikut contoh kegiatan yang tercetus ditempat ini antara lain, pembinaan iman anak-anak TPK wilayah VIII, sekolah TK Karitas IV, Kerukunan Ibu-ibu Katolik (KIK), Karitas Jasa dan Koperasi Serba Usaha Algonz. Tempat ini akhirnya terbeli setelah tim yang terdiri dari Sanjaya, Simangansing dan Himawan sukses bernegosiasi.

Nama pelindung Wilayah VIII : St. Timotius, dengan lima lingkungan untuk mudahnya disingkat YASAM:

  • St. Yosef
  • St. Agnes
  • St. Stefanus
  • St. Agustinus
  • St. Maria

Ketua Wilayah sejak paroki St. Aloysius Gonzaga ada, adalah:

    1. Siswanto
    2. RY Supomo
    3. Hendra Hermanto
    4. Eddy Hariyanto
    5. Petrus Mintarjo
    6. A.J. Suharyanto
    7. A.J. Ferry Theo

Aktivitas:

  • Kelompok PKS (Pendalaman Kitab Suci)
  • Doa di lingkungan atau doa Rosario
  • Doa syukuran
  • Jalan sehat bersama umat se wilayah 1x sebulan pada hari minggu, minggu ke 2 (jika tidak tugas pastoral di gereja)
  • Rekoleksi seluruh umat wilayah 5-6 Maret 2011 di Graha Wacana - Ledug jumlah peserta 130 jiwa dengan tema "Keluarga, lingkungan yang menggereja dan diberkati" oleh Romo Elentrius Bon, SVD. Umat antusias dan mengharapkan untuk bisa diselenggarakan sekali setahun. Dana untuk rekoleksi secara swadaya dan ada subsidi silang. Lima asisten imam, tiga di antaranya melayani komuni orang sakit atau orang tua di wilayah.

A. J. Ferry Theo - Ketua Wilayah VIII - Lustrum V