Renungan Harian

1Sam. 15:16-23 | Mzm. 50:8-9,16bc-17,21,23 | Mrk. 2:18-22



Mrk 2:18Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus: "Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"

Mrk 2:19Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa.

Mrk 2:20Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Mrk 2:21Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabiknya, yang baru mencabik yang tua, lalu makin besarlah koyaknya.

Mrk 2:22Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."

---ooOoo---

MEMPERSEMBAHKAN KURBAN TANPA KETAATAN PADA FIRMAN, TIDAK BERARTI untuk Allah (1 Sam 15:16-23) Kurban adalah UNGKAPAN CINTA kepada Allah. Juga PRAKTEK-PRAKTEK ROHANI HARUS DIDASARKAN PADA CINTA, termasuk puasa. KANTONG KULIT BARU adalah MENTALITAS CINTA sebagai LANDASAN BARU untuk HIDUP IMAN (Mrk 2:18-22), BUKAN MENTALITAS hukum yang cenderung hanya LAHIRIAH dan MINIMALIS. Mentalitas kita : CINTA atau HUKUM? [Salam dan doa, Han CM.]