Renungan Harian

Rom 6:12-18 | Mzm 124:1-8 | Luk 12:39-48

Pada suatu ketika berkatalah Yesus kepada murid-murid-Nya, "Camkanlah ini baik-baik! Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Hendaklah kalian juga siap-sedia, karena Anak Manusia akan datang pada saat yang tak kalian sangka-sangka." Petrus bertanya, "Tuhan, kami sajakah yang Engkau maksudkan dengan perumpamaan ini ataukah juga semua orang?" Tuhan menjawab, "Siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk membagikan makanan kepada mereka pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya sedang melakukan tugasnya, ketika tuan itu datang. Aku berkata kepadamu: Sungguh, tuan itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. Tetapi jika hamba itu jahat dan berkata dalam hatinya, 'Tuanku tidak datang-datang.' Lalu ia mulai memukuli hamba-hamba lain, pria maupun wanita, dan makan minum serta mabuk, maka tuannya akan datang pada hari yang tidak disangka-sangkanya dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan tuan itu akan membunuh dia serta membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.

Hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan. Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Barangsiapa diberi banyak, banyak pula yang dituntut daripadanya. Dan barangsiapa dipercaya banyak, lebih banyak lagi yang dituntut daripadanya."

---ooOoo---

"hendaklah kalian juga SIAP SEDIA, karena ANAK MANUSIA AKAN DATANG PADA SAAT YG TAK KALIAN SANGKA-SANGKA. " (Luk 12: 39-48) Karena Tuhan tidak segera datang, sering kita BERSANTAI dan LENGAH. SIKAP SELALU BERJAGA BISA DILAKUKAN kalau SIKAP ITU KITA JADIKAN BAGIAN DIRI KITA sebagai KEBIASAAN atau KODRAT KEDUA dengan REAKSI SPONTAN yg TERLATIH seperti menyetir mobil. APAKAH SAYA SUDAH MEMBENTUK KEBIASAAN SEPERTI ITU?[Salam dan doa, Han CM.]