Renungan Harian

Rom 3:21-30a | Mzm 130:1-6 | Luk 11:47-54

Sekali peristiwa, tatkala duduk makan di rumah seorang Farisi, Yesus berkata, "Celakalah kalian, sebab kalian membangun makam bagi para nabi, padahal nenek moyangmulah yang telah membunuh mereka. Dengan demikian kalian mengakui, bahwa kalian membenarkan perbuatan nenek moyangmu, sebab mereka telah membunuh nabi-nabi itu dan kalian membangun makamnya.

Sebab itu hikmat Allah berkata, 'Aku akan mengutus kepada mereka nabi-nabi dan rasul-rasul. Tetapi separuh dari antara para nabi dan para rasul itu akan mereka bunuh dan mereka aniaya. Maka dari angkatan ini akan dituntut darah semua nabi yang telah tertumpah sejak dunia dijadikan, mulai dari darah Habel sampai kepada darah Zakharia yang telah dibunuh di antara mezbah dan rumah Allah.' Bahkan Aku berkata kepadamu, 'Semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini.' Celakalah kalian, hai ahli-ahli Taurat, sebab kalian telah mengambil kunci pengetahuan. Kalian sendiri tidak masuk ke dalamnya, tetapi orang yang berusaha masuk kalian halang-halangi."

Dan setelah Yesus berangkat dari tempat itu, para ahli Taurat dan orang Farisi terus-menerus mengintai, dan membanjiri-Nya dengan rupa-rupa soal. Dengan itu mereka berusaha memancing-Nya, supaya mereka dapat menangkap-Nya berdasarkan sesuatu yang diucapkan-Nya.

---ooOoo---

"Manusia DIBENARKAN KARENA IMAN dalam DARAH YESUS (Rom 3:21-30). Artinya, manusia TIDAK DAPAT MENYELAMATKAN DIRINYA berdasarkan KEKUATANNYA SENDIRI. Manusia BARU BISA SELAMAT jika ALLAH BERTINDAK melalui PENGORBANAN DARAH YESUS. Iman menjadi PINTU RAHMAT PENEBUSAN KRISTUS. Iman ini yang harus DIUNGKAPKAN dan MENJIWAI PERBUATAN-PERBUATAN NYATA. Tanpa perbuatan, IMAN MATI. Apakah IMAN SAYA MENJIWAI perbuatan-perbuatan saya? [Salam dan doa, Han CM.]