St. Yohanes Maria Vianney

Oleh: St. Yohanes Maria Vianney

Berdoa Sebelum TidurAnak-anakku, sering aku berpikir bahwa sebagian besar umat Kristiani yang tidak menghendaki pengajaran - mereka tidak memahami agama mereka dengan baik. Sebagai contoh, adalah seorang yang harus pergi melakukan tugasnya sehari-hari. Orang ini berhasrat untuk melakukan silih, yaitu dengan melewatkan malam dalam doa. Jika ia mendapat pengajaran dengan baik, ia akan berkata, "Tidak, aku tidak boleh melakukannya, sebab jika demikian besok aku tidak akan dapat menyelesaikan tugas-tugasku; aku akan mengantuk dan hal paling remeh yang mungkin terjadi adalah aku akan kehilangan kesabaranku; aku akan merasa lesu sepanjang hari, dan aku tidak akan dapat menyelesaikan separuh dari pekerjaan yang biasa aku lakukan jika aku cukup beristirahat di malam hari. Jadi, hal itu tidak boleh dilakukan."

Lagi, anak-anakku, seorang hamba berhasrat untuk berpuasa, tetapi ia mempunyai kewajiban untuk melewatkan sepanjang hari dengan mencangkul dan membajak atau apa sajalah. Nah, jika hamba ini memperoleh pengajaran dengan baik, ia akan berpikir, "Jika aku berpuasa, aku tidak akan dapat menyenangkan hati tuanku." Jadi apa yang ia lakukan? Ia akan menyantap makanannya dan melakukan silih dengan cara lain. Itulah yang harus kita lakukan - kita harus senantiasa bertindak dengan cara di mana kita dapat memberikan kemuliaan tertinggi kepada Allah yang baik.

Seseorang tahu bahwa seorang teman sedang menghadapi masalah. Ia mengambil dari orang tuanya apa yang dapat meringankan penderitaan temannya itu. Tentu saja, akan jauh lebih baik jika ia meminta daripada langsung mengambilnya. Jika orang tuanya menolak memberikan apa yang dimintanya, ia akan berdoa kepada Tuhan agar menggerakkan hati seorang kaya - sebagai ganti dirinya - untuk memberikan sumbangan kepada temannya itu. Seseorang yang mendapat pengajaran dengan baik senantiasa memiliki dua pembimbing yang memimpin langkahnya - nasehat yang baik dan ketaatan.

Sumber: "Catechism on The Word of God by Saint John Vianney" - www.catholic-forum.com
Media Pengajaran Vacare Deo Edisi Januari - Pebruari / Tahun VII / 2005