Asisten Imam dalam Perayaan Liturgi

pakaian asisten imamPedoman Umum Misale Romawi menyebut bahwa "Busana liturgis yang lazim digunakan oleh semua pelayan liturgi, tertahbis maupun tidak tertahbis, ialah alba, yang dikencangi dengan singel, kecuali kalau bentuk alba itu memang tidak menuntut singel. Kalau alba tidak menutup sama sekali kerah pakaian sehari-hari, maka dikenakan amik sebelum alba ..." (PUMR, 336).

Lebih lanjut ditulis "Akolit, lektor, dan pelayan awam lain boleh mengenakan alba atau busana lain yang disahkan oleh Konferensi Uskup untuk wilayah gereja yang bersangkutan ." (PUMR, 339).

Redemptionis Sacramentum menyebutkan bahwa busana liturgis asisten imam: "alba" yang "dikencangi dengan singel, kecuali kalau bentuk alba itu memang tidak menuntut singel. Kalau alba tidak menutup sama sekali kerah pakaian sehari-hari, maka dikenakan amik sebelum alba." (RS. 122).

Hindarkan pemakaian atribut-atribut asisten imam yang mirip dengan atribut yang dimiliki oleh kaum tertahbis, misalnya: salib dada asisten imam mirip salib pektoral uskup, samir mirip dengan pallium Paus, dan selendang kecil yang dikalungkan di leher mirip stola imam.

Sumber: Katekese Liturgi 2016 - Keuskupan Surabaya