Katekese

Ibadat Adven - Pertemuan Lingkungan I

JANGAN KATAKAN 'AKU MASIH MUDA'

Bacaan Kitab Suci (Yeremia 1:1-19)

Anatot - Yeremia
Anatot di tanah Benyamin
Anatot pada jaman Nabi Yeremia terletak di atas bukit.
Kota tersebut hanya berjarak tiga mil sebelah utara Yerusalem di tanah Benyamin. Kota kecil itu telah melahirkan salah satu nabi Israel yang setia, yaitu nabi Yeremia (Yer 1:1)

Allah mencari seseorang yang akan diberiNya kuasa bukan saja atas Israel melainkan atas segala bangsa, dan ia akan mencabut dan memusnahkan, untuk membangun dan menanam. Singkatnya, Allah memberinya tugas untuk mempercepat sejarah. Orang ini adalah Yeremia, seorang anak laki-laki dari Anatot, berasal dari sebuah keluarga para imam.

Tidak terasa kita sudah memasuki masa adven. Masa adven menjadi kesempatan bagi kita untuk membarui diri terus menerus dalam menyambut Yesus. Masa Adven juga menjadi awal tahun liturgi Gereja. Sebagaimana kita mengawali tahun, kita selalu berharap agar sepanjang tahun itu kita dapat mengisi dengan sikal hidup yang lebih baik dari kemarin sehingga hidup kita akan berkenan pada Tuhan dan sesama. Dalam memasuki masa adven ini, kita diajak untuk merenungkan tema orang muda untuk mengawali fokus Ardas Keuskupan Surabaya bahwa tahun 2013 sebagai tahun Orang Muda dan Kitab Suci sekaligus menandai awal tahun Iman yang telah dicanangkan oleh Bapa Suci Paus Benediktus XVI.

Tema permenungan kita selama masa adven tahun 2012 ini adalah:

BERSAMA ORANG MUDA, MENYAMBUT KEDATANGAN YESUS DENGAN IMAN