Ilustrasi

Doa Bagi Seorang ImamJIWA KRISTUS, KUDUSKANLAH DIA
Ingatkan dia, Tuhan, bahwa imamatnya adalah Imamat-Mu; buatlah dia agar tidak hanya dicintai, melainkan juga mampu mencintai sebagaimana Engkau mencintai. Anugerahlah dia damai-Mu.

TUBUH KRISTUS, SELAMATKANLAH DIA
Ya Tuhan, berilah dia Diri-Mu sebagai santapan, bila dia memberi santapan kepada kami. Jangan biarkan dia kelaparan di tengah segala kelimpahan dan selamatkanlah dia, Tuhan, bahkan dari diri kami, umatnya.

DARAH KRISTUS, RESAPILAH DIA
Ya Tuhan, hidupkanlah kembali semangatnya setiap hari; buatlah dia senantiasa siap melayani semua orang, haus akan keselamatan jiwa-jiwa; dan berikan dia minum piala-Mu sampai habis, baik piala suka maupun duka.

AIR LAMBUNG KRISTUS, BASUHLAH DIA
Tuhan, perbaharuilah janji-janji Pembaptisannya, rahmat Sakramen Krisma dan janji-janji Tahbisannya. Buatlah setiap persembahan Misa olehnya menjadi suatu pengalaman yang selalu baru.

SENGSARA KRISTUS, KUATKANLAH DIA
Pakukan dia pada salib bersama-Mu, Tuhan, sehingga dia tak dapat jatuh dan dapat ambil bagian dalam kebangkitan-Mu. Buatlah dia terpercaya dan percaya pada-Mu, Tuhan.

YESUS YANG BAIK, DENGARKANLAH DIA
Dengarkanlah dia, Tuhan, bila dia memohon pertolongan-Mu, bila dia tidak tahu apa yang harus diperbuat. Jawablah dia, Tuhan, bila dia berseru kepada-Mu dari lubuk hatinya. Jadikanlah dia sahabat-Mu, Tuhan.

SEMBUNYIKANLAH DIA DALAM LUKA-LUKAMU
Lindungilah dia dari dirinya sendiri, Tuhan; dia hanyalah seorang manusia seperti kami; cegahlah mereka yang bermaksud menghancurkan, baik kemanusiaannya maupun imamatnya. Milik-Mu-lah dia, Tuhan.

JANGAN BIARKAN DIA TERPISAH DARI PADA-MU
Tuhan, taruhlah dia dalam telapak tangan-Mu; jangan biarkan rasa benci masuk dalam hatinya. Buatlah dia aman dalam persatuan Ekaristi, serentak bersatu dengan-Mu, Tuhan, dan dengan Gereja.

LINDUNGILAH DIA DARI SI JAHAT
Pelihara dan lindungilah dia dari setan dan pengikut-pengikutnya, yang bermaksud menelan dia dan menceraiberaikan kawanan kecil yang Engkau percayakan kepadanya. Persenjatailah dia dengan anugerah-anugerah Roh Kudus.

DI WAKTU AJALNYA, PANGGILLAH DIA DAN SURUHLAH DIA DATANG KEPADA-MU, SEHINGGA DIA DAPAT MEMUJI DIKAU BERSAMA DENGAN PARA MALAIKAT DAN ORANG KUDUS-MU UNTUK SELAMA-LAMANYA.
Tuhan, setelah dia membantu sekian banyak orang agar diselamatkan, dia tidak akan bisa menyelamatkan dirinya sendiri, bila Engkau tidak menyertainya sampai akhir. Sering dia merasa sendirian dan takut. Topanglah dia dan kuatkanlah dia, Tuhan. AMIN