Ilustrasi

Hidup kita di dunia ini adalah suatu peziarahan menuju Tanah Air Surgawi. Ibarat suatu perjalanan, ada jalan yang mendaki dan berbatu-batu, ada pula jalan menurun dengan jurang di sisi jalan. Segala kemajuan jaman yang bernama “teknologi”, selayaknya menjadi seperti sebuah “koper” bagimu, yang menemani perjalanan peziarahan hidupmu. Dalam koper bernama “teknologi” itu, kamu akan menemukan berbagai hal, yang bila dipergunakan secara tepat dan bijaksana, akan membantumu dalam menapaki perjalananmu menuju Allah. Akan tetapi, ingatlah selalu bahwa teknologi itu selamanya hanyalah sebuah koper, untuk menemani perjalanan peziarahanmu. Jangan terlalu sibuk memandangi dan membongkar koper, sampai kamu lupa melihat keindahan alam kehidupan di sekelilingmu.

Kemajuan Teknologi III

Jangan pula membawa banyak barang dalam koper itu, agar perjalananmu tanpa kelekatan, dan koper itu pun tidak kemudian membebani perjalananmu. Jangan berjalan terseok-seok, apalagi tewas di tengah jalan dan tidak sampai ke tujuan, hanya gara-gara sebuah “koper”. Bijaklah dalam memilih dan menggunakan koper “teknologi” itu, agar langkah hidupmu senantiasa ringan, dan seirama dengan langkah Tuhan.

 

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mzm.90:12)

SHARING
1. Sudahkah kamu menggunakan teknologi sebagai sarana untuk memuliakan Allah dan merasul bagi-Nya, atau justru sebaliknya?
2. Apa yang kamu lakukan untuk memanfaatkan teknologi demi melaksanakan kehendak Allah?
3. Bagaimana usahamu untuk mencegah kelekatan pada teknologi dan menjadikannya berhala baru?

Disalin dari: Media Pengajaran Vacare Deo - edisi September 2016, Minggu ke-2