Hagiografi
Perayaan Ekaristi Hari Minggu Sabtu: 18.00; Minggu: 06.30, 08.30, 17.00
Perayaan Ekaristi Harian Senin - Sabtu: 05.30

Medali Santo Peregrine - Pelindung KankerSanto Peregrine (Pellegrino) Laziosi (Latiosi) (1260 - 1 Mei 1345) adalah seorang santo dari Italia Order Servite (Pastor Orde Pelayan Maria). Dia adalah santo pelindung bagi orang yang menderita kanker di Gereja Katolik.

Ia lahir di Forlì pada tahun 1260, di Italia utara, dari sebuah keluarga kaya. Orang tuanya dan hampir seluruh kota anti-imam. Sekali, Paus mengirimkan utusan khusus untuk Forli untuk memberitakan Injil dan mencoba untuk memenangkan hati rakyat kepada Allah. Perwakilan ini adalah orang kudus bernama Philip Benizi. Saint Philip berkhotbah kepada orang banyak. Pada awalnya, semua berjalan lancar dan orang-orang mendengarkan. Kemudian, Peregrine membuat keonaran dengan gengnya dan mereka mengemudikan Santo Philip dari altar. Peregrine bertindak lebih jauh dari mereka semua dan menampar Santo Philip di wajahnya. Saint Philip menawarkan pipi yang lain dan memaafkannya. Peregrine begitu penuh penyesalan bahwa ia kembali ke Saint Philip dan meminta maaf. Setelah ini, Peregrine tidak ingin pergi dengan teman-temannya lagi. Dia menghabiskan lebih banyak waktu dalam doa. Maria pernah menampakkan diri kepadanya dan diarahkan untuk pergi ke Siena. Di sana ia bergabung dengan Pelayan Maria atau Servites. Atasan yang menerima dia adalah Santo Philip Benizi. Di sana ia melakukan silih untuk dosa-dosanya.

Salah satu penitensi khusus ia memutuskan adalah untuk berdiri setiap kali itu tidak perlu untuk duduk. Dikatakan bahwa St Peregrine tidak duduk selama tiga puluh tahun, yang menyebabkan dia menderita varises dan kemudian kanker pada kakinya. Luka itu menjadi menyakitkan dan dokter siap untuk mengamputasi kakinya, tetapi malam sebelum operasi dijadwalkan berlangsung Peregrine menyeret dirinya ke kaki salib dan menghabiskan banyak waktu dalam doa. Ketika ia jatuh tertidur ia menerima penglihatan tentang Kristus menyentuh kakinya. Di pagi hari kakinya benar-benar sembuh. Karena itu dia dianggap sebagai santo pelindung mereka yang menderita kanker.

 

Gereja Katolik mengkanonisasi St. Peregrine pada tahun 1726. Pesta liturgi Santo Pellegrino / Peregrine adalah pada tanggal 1 Mei.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Peregrine_Laziosi