Hagiografi
Perayaan Ekaristi Hari Minggu Sabtu: 18.00; Minggu: 06.30, 08.30, 17.00
Perayaan Ekaristi Harian Senin - Sabtu: 05.30

St. Yosef - Pelindung PekerjaSurabaya, 1 Mei 2013

Bacaan: Kis 15:1-8 | Mzm 122:1-2, 3-4a, 4b-5 | Yoh 15:1-8

Hari ini, Gereja mengenang St. Yosef sebagai seorang pekerja. St. Yosef memiliki cinta yang mendalam atas pekerjaannya walau ia hanyalah seorang tukang kayu. Ia tidak melihat uang atau imbalan apapun ketika merangkai kayu-kayu mati untuk membangun sebuah rumah. Sebaliknya ia berusaha untuk menghadirkan keindahan Allah melalui kayu-kayu yang diukirnya. Dalam kesemuanya itu, St. Yosef tidak mengandalkan kepandaiannya semata, tetapi ia memahaminya sebagai anugerah Tuhan. Dia tidak melihat hasil karyanya yang indah sebagai kehebatan dirinya, melainkan hanya meneruskan 'rasa manis' yang diterimanya dari pokok anggur, yakni Allah.

Pesta St. Yosef hari ini, mengingatkan kita sebagai pekerja Tuhan. Namun terkadang di saat gagal, tugas kita yang manis berubah menjadi pahit sekali.

Bahkan terkadang kita membenci tugas kita. Kualitas St. Yosef membuat kita merasa malu. Kita kurang sabar, kurang bijaksana dan terkadang melihat karya kita sebagai kehebatan sendiri. Kita lupa bahwa kita hanyalah satu cabang kecil dari Pokok Anggur, yakni Tuhan.

  • Apakah Anda sungguh-sungguh mencintai pekerjaan Anda?
    Apakah Adan menghadirkan keindahan Allah melalui tugas Anda?

 

Disalin dari buku Berjalan Bersama SANG SABDA
Refleksi Harian Kitab Suci 2013
Provinsi SVD Jawa
Pemakai buku ini diperkenankan untuk mengutip teks dengan menyertakan catatan sumber