Hagiografi

St. MartaSt. Yohanes menulis dalam Injil bab 11:5 “Yesus memang mengasihi Marta dan kakaknya dan Lazarus,” namun demikian, sangatlah sedikit gambaran tentang hal itu yang kita dapat darinya. Kedua saudara ini—Marta dan Maria—hanya kita kenal lewat tulisan-tulisan. Marta menerima Yesus di rumahnya, dan ia sibuk sekali melayani dengan hal-hal praktis, sementara Maria duduk diam dekat kaki Dia yang pernah ia basuh dengan air matanya. Lalu, ketika kakak mereka, Lazarus, sakit, mereka mengirim suruhan untuk menjemput Yesus, “Tuhan, dia yang Engkau kasihi, sakit.” Pada waktu yang Ia tentukan sendiri Yesus datang, dan mereka pun pergi mendapatkanNya; dan mendapati pemandangan ini: Maria yang menanti dalam diam; Marta yang kuat dalam iman meyakini, dengan pola pikirnya yang praktis, fakta tentang kematian itu, dan berkata: “Tak dapatkah Engkau berbuat sesuatu, Tuhan?” Lalu sekali lagi, pada malam sengsaraNya, kita menemui Yesus di Betania. Marta, sesuai karakternya, sibuk melayani, sementara Maria—seperti pada kesempatan sebelumnya—meminyaki kepala Yesus dengan penuh sembah dan kasih.

Kemudian orang menemukan makam St. Marta di Tarascon di Provence, Prancis. Ketika gelombang penganiayaan datang, keluarga Betania bersama beberapa teman naik sebuah perahu, tanpa layar maupun dayung, dan akhirnya sampai di pesisir Prancis. Makam St. Maria Magdalena terletak di St. Baume; sementara St. Lazarus diangkat sebagai pendiri Gereja Marseilles; dan kenangan akan kebajikan dan karya St. Marta terus mengharumkan daerah Avignon dan Tarascon.

Refleksi:

  • Ketika Marta menerima Yesus di rumahnya, wajarlah bila ia sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut Tamu se-istimewa itu. Maria duduk dekat kakiNya, dan terus mendengarkan perkataanNya. Marta merasa seharusnya Maria membantunya melayani, maka ia meminta kepada Yesus untuk menyuruh Maria membantu. Sekali lagi Yesus membela Maria dengan berkata:" Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak hal; lakukanlah pekerjaan yang engkau pilih dengan kepala dingin. Jangan menghakimi Maria. Pilihannya adalah bagian yang terbaik, satu-satunya hal yang perlu. Yang ada padamu akan diambil, dan sesuatu yang lebih baik akan diberikan kepadamu." Hidup yang aktif akan berhenti saat tubuh terbaring di liang kubur; tetapi hidup kontemplatif terus bertahan dan akan disempurnakan di surga.

Pictorial Lives of The Saints - Verbum